Rss Feed

Senin, 07 Mei 2012

Kawasaki D-Tracker 250, Berkaki Aprillia


Kawasaki D-Tracker 250 diciptakan bergenre supermoto tulen. Tampang trailnya yang jangkung dan macho tetap asik dibawa ngebut di jalanan. Karena kaki-kakinya sudah bukan pakai ban pacul, tapi menggunakan  pelek ring 17 inci dan ban aspal.

Tapi yang namanya modifikator, ada saja yang kurang puas. Katanya nampak kurang kokoh. Biar lebih kuat, Miswanto dari AXXA Trail Shop, Bogor berinisiatif mengawinkan kaki-kaki Aprilia SXV 550 ke D-Tracker 250 tunggangan hariannya.

Proyek ini bukan sekedar pasang suspensi depan upside down-nya saja, tapi swing arm dengan desain khas Aprillia juga ikut diaplikasikan. Dan ternyata penggantian kaki-kaki ini enggak terlalu ribet.

"Untuk pemasangan sokbraker dengan SXV 550 harus menyesuaikan as segitiganya," buka pria yang akrab di sapa Anto ini. Karena tidak mau merusak komstir di rangka standar D-Tracker 250, as segitiga SXV 550 yang harus mengalah.

"Mau gak mau as segitiga SXV 550 pun di bubut sebanyak 3 mm dan dibuat drat baru agar posisinya pas di rumah komstir D-Tracker,” jelasnya sambil menunjukan disk brake depan SXV 550 yang juga ikut dipasang pada teromol D-Tracker dengan tambahan spacer setebal 5 cm.

Sedang untuk penggantian swing arm Aprilia SXV 550, dirasa jauh lebih mudah. “Cuma harus memperpanjang pelat penahan unitrack saja. Plat penahan unitrack pada D-Tracker 250 lebih pendek. Lainnya hanya menambah spacer gir depan-belakang setebal 2 cm,” tutur pria asli Solo ini.

Selain kaki-kaki, ubahan yang dilakukan hanya minimalis. Misalnya mesin standarnya dikawinkan dengan knalpot FMF. Penggantian selang radiator dengan merek Xaon dan beberapa parts variasi seperti tuas kopling dan rem dari Ride it serta stang fatbar dari Magur membuat penampilan makin berkelas.

“Oiya, body juga dipasangi stiker digital printing yang pengerjaanya dipercayakan pada Rivan Stiker di Bekasi," tutup Anto yang juga pasang sepatbor belakang dan lampu rem LED Acerbis.  (motorplus-online.com)

Data Modifikasi
Ban : Shinko 010 Apex Radials
Cakram depan : Aprilia RSV 450
Cakram Belakang : KTM Super Duke
Pelek Depan : Exel 3 inch
Pelek Belakang : Exel 4,5 inch
Handel grip : Protapper

Tidak ada komentar: